Sabtu, 29 Mei 2010

50 Hape Sejuta Umat dari Masa ke Masa

50. Sony Ericsson W550


Spoiler for 50:

Jajaran ponsel walkman perdana ini cukup menuai perhatian. Apalagi ditambah dengan ’dualisme’-nya sebagai ponsel gaming (CMIIW) membuat ponsel ini banyak diminati masyarakat Indonesia.

+: kamera 1,3MP plus flash, tombol game, walkman player, bluetooth


49. LG KG300

Spoiler for 49:

Ponsel murah meriah yang satu ini emang pas. Kamera 2MP untuk harga sejutaan pada waktu itu emang udah sangat ampuh, hehe. Fitur multimedia yang mumpuni menambah daya tarik ponsel ini

+: kamera 2MP, music player, bluetooth


48. Sony Ericsson J230

Spoiler for 48:

Ponsel kelas bawah dengan fitur canggih jadi andalannya vendor ini. Salah satu keluarannya, J230, cukup banyak juga diminati oleh pengguna ponsel. Sebagai ponsel kelas bawah pertama SE yang punya radio (CMIIW), ponsel ini menjadi gebrakan tersendiri.

+: radio FM, GPRS


47. Motorola C168

Spoiler for 47:

Sama kayak rivalnya di atas, ponsel ini juga mengunggulkan radio FM. Ga jauh beda sih sama J230, tapi mungkin karena bentuknya yang lebih cantik, ponsel ini lebih laris ya, hehe.

+: radio FM, GPRS


46. Siemens M55

Spoiler for 46:

Masuk jajaran ponsel warna pertama Siemens, ponsel ini cukup diminati juga. Biarpun kamera masih external, toh ponsel bercirikan ’kalajengking’ ini pada masa itu udah cukup memenuhi kebutuhan ponsel masyarakat.

+: layar 4096 warna, kamera external, Java


45. Nokia N70

Spoiler for 45:

Ini nih ponsel seri N pertama yang masuk Indonesia. Kecanggihan teknologinya membuat semua orang ngiler. Sayang, harganya yang waktu itu masih relatif mahal bikin orang kelas menengah bawah cuma bisa ngiler tanpa bisa punya

+: kamera 2MP plus flash, OS Symbian, 3G


44. Motorola E398

Spoiler for 45:

Ini dia ponsel musik pertama Motorola meski belum menyandang nama ROKR. Speaker stereo dan kualitas suara yang bening jadi daya tarik super kuat ponsel ini. Meski udah dibikin versi ROKR-nya (E1), kayaknya masih lebih memikat yang ini deh.

+: Kamera VGA plus flash, microSD slot, stereo speaker, music player


43. Nokia 2310

Spoiler for this:

Yang namanya Nokia, ponsel apapun pasti jadi primadona. Apalagi, ponsel kelas bawah yang emang jadi sasaran nomor satu konsumen hape Indonesia. Salah satunya ponsel ini. Dengan radio sebagai andalan, ponsel ini jadi ramuan mantap buat entry level.

+: radio FM


42. Sony Ericsson K300

Spoiler for 42:

Satu lagi jagoan di kelas menengah bawah pada waktu itu. Sony Ericsson lagi getol menggelontorkan ponsel dengan fitur menarik. Sayangnya, ponsel ini masih kalah sama kakaknya K500 yang punya layar lebih lebar

+: kamera VGA, GPRS, music Player


41. Nokia 8310

Spoiler for 41:

Inilah ponsel Nokia pertama yang punya fitur radio. Ponsel ini langsung jadi cemilan para penikmat ponsel. Sayang, harganya yang tinggi waktu itu membuat hape ini cuma bisa dinikmati oleh kelas atas

+: radio FM, GPRS


40. Nokia 5130 Xpressmusic

Spoiler for 40:

Salah satu jajaran ponsel Xpressmusic ini emang jadi primadona. Kualitas musiknya yang prima jadi andalan. Fitur lainnya juga ga ketinggalan. So? Jelas deh ni ponsel yahud!

+: kamera 2MP, music player, EDGE, 3.5 headset port, tombol musik



39. Nokia 6300

Spoiler for 39:

Serangan multimedia Nokia ga cuma ada di seri N. Ponsel lainnya pun diluncurkan buat memikat segmen menengah-bawah yang pengen dapet fitur baguus. Salah satunya ini nih, 6300 classic yang emang desainnya sliim banget tapi fiturnya canggih.

+: kamera 2MP, music player, Bluetooth, visual radio


38. Nokia 5300 Xpressmusic

Spoiler for 38:

Ini dia ponsel perdana jajaran Xpressmusic. Mengusung desain yang oke dan fitur yang keren, seri ini cukup sukses bikin orang penasaran sama label yang bakal jadi saingan berat Walkman.

+: kamera 1,3MP, music player, EDGE, tombol musik


37. Sony Ericsson K700

Spoiler for 37:

Ini dia ponsel kamera yang digadang-gadang Sony Ericsson. Dengan bentuknya yang elegan dan fiturnya yang yahud, ponsel ini berhasil menarik perhatian banyak orang. Ponsel ini juga jadi ponsel pertama berlabel Quick-share.

+: Kamera VGA plus flash, music player, GPRS


36. LG GW300

Spoiler for 36:

Demam ponsel QWERTY akhir-akhir ini berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh LG. Sebuah ponsel QWERTY murah meriah pun diluncurkan. Dengan kekuatan fitur dan harga ala LG, ponsel ini pun lumayan banyak disukai.

+: kamera 2MP, QWERTY keyboard, EDGE, bluetooth


35. Sony Ericsson K550

Spoiler for 35:

Ini adalah ponsel kamera canggih nan murah. Kualitas kameranya setara hape kelas atas, tapi harganya ada di range kelas menengah-bawah. Plus fitur fitur andalan ponsel walkman yang jarang ada di seri lain, seri ini berhasil jadi inceran banyak orang

+: kamera 2MP plus autofocus & flash, music player, TrackID, bluetooth, EDGE


34. Nokia 5310 Xpressmusic

Spoiler for 34:

Ini adalah ’cetakan ketiga’ seri Xpressmusic. Tapi ini juga seri pertama yang mengusung desain candybar dan tipis. Makanya, seri ini langsung diburu pada saat pertama kali rilis.

+: kamera 2MP, music player, 3.5 headset port, Bluetooth, EDGE


33. Nokia N95/N95 8GB

Spoiler for 33:


Satu lagi jagoannya Nokia di segmen multimedia. Menjadi hape Nokia pertama yang mengusung dual slide dan kamera 5MP membuat ponsel ini diburu. Harganya yang bisa dibilang pas untuk hape secanggih itu menambah daya tariknya.

+: kamera 5MP plus autofocus & flash, dual slide, OS Symbian, music player, microSD slot (N95)/8GB harddisk drive (N95 8GB)


32. Sony Ericsson W800

Spoiler for 32:

Taadaaaa, ini dia ponsel perdana seri Walkman. Makanya, langsung banyak orang penasaran dengan seri yang dikhususkan buat musik ini. Apalagi, keunggulannya ga cuma di musik.

+: kamera 2MP plus flash, music player, bluetooth


31. Sony Ericsson J200


Spoiler for 31:

Hape low-end dengan fitur oke pasti laku. Hape low-end dengan desain bagus juga bakal laku. Kalo hape low-end dengan desain dan fitur bagus? Ya pasti laku laahh. Tengok aja J200. Meski masih kalah dengan hape low-end lain pada jamannya, nyatanya suara bening yang jadi unggulannya bias cukup ngangkat hape ini.

+: GPRS, speaker jernih

30. Nokia 6230/6230i


Spoiler for 30:
- picture menyusul -

Ini dia salah satu hape kelas menengah plus-plus yang dikeluarin Nokia. Pada jamannya, hape ini telah punya fitur inovatif. Tengok aja fitur MMC yang pada waktu itu cuma ada di hape kelas atas, ato EDGE yang masih tergolong fitur baru pada jamannya.

+: kamera VGA(6230)/1.3MP(6230i), MMC, bluetooth


29. Nokia 3530

Spoiler for 29:

Inilah ponsel yang mengawali perjalanan ponsel layar warna di Indonesia. Suntikan fitur yang dahsyat untuk hape pada masa itu emang jadi daya tarik luar biasa nih hape.

+: layar 4096 warna, GPRS, MMS


28. Nokia N73

Spoiler for 28:

Ini salah satu hape Nokia dengan fitur multimedia yang canggih. Masuk dalam jajaran seri N, jelas hape ini jadi sasaran empuk bagi pecinta hape multimedia. Apalagi dengan fiturnya yang keren.

+: Kamera 3.2MP plus autofocus & flash, 3G, music player, OS Symbian


27. Sony Ericsson W880

Spoiler for 27:

Ponsel musik yang stylish itu langka. Makanya, ketika jajaran ponsel walkman ngeluarin ponsel ini, langsung deh jadi buruan para pecinta hape musik dan/atau fashion. Tipisnya itu looo, ga nahaaaan

+: kamera 2MP, music player, 3G, bluetooth


26. Nokia 3200

Spoiler for 26:

Hape ini unik. Casing-nya transparan, jadi bias ditambahi gambar sendiri di dalemnya. Ini yang jadi satu daya tarik hape ini, selain fiturnya yang terbilang komplit untuk hape kelas menengah di jamannya tentu.

+: kamera CIF, cut-out cover, GPRS, Java


25. Sony Ericsson W660

Spoiler for 25:
- pic menyusul -

Ponsel Walkman yang satu ini emang laris manis. Hape Walkman emang selalu jadi inceran terutama anak muda. Udah gitu, entah kebetulan ato nggak, hape ini sering muncul di iklan/video klip artis, jadi mungkin mereka yang ngidolain tu artis ikutan make hehe.

+: kamera 2MP (utama), 3G plus kamera video call, bluetooth, walkman player


24. Motorola RAZR V3

Spoiler for 24:

Ponsel fashion Motorola ini jadi satu yang laris manis. Ponsel inilah yang kemudian jadi semacam trademark buat desain ponsel fashion Motorola. Kalo soal fitur boleh diadu deh.

+: kamera VGA, aluminium casing, music player, bluetooth


23. Nokia N-gage

Spoiler for 23:

Dari ponsel jadi platform. Itulah N-gage. Diawali dengan ponsel game yang satu ini yang laris, akhirnya selanjutnya nama N-gage jadi platform buat ponsel-ponsel multimedia Nokia. Tapi jangan lupa sama ponselnya yang pernah laris di pasaran ini ya

+: OS Symbian, Java, stereo line-in, Bluetooth, multiplayer game


22. Nokia 2330 classic

Spoiler for 22:

Ponsel kelas bawah kayaknya jadi ponsel paling dicari di Indonesia. Makanya berbagai vendor terus berusaha meramu ponsel kelas bawahnya dengan fitur-fitur canggih. Contohnya 2330 classic ini yang punya fitur unggulan email.

+: kamera VGA, MP3 ringtone, bluetooth, email


21. Sony Ericsson T290

Spoiler for 21:

Ini dia adik dari T230 yang laris manis di pasaran waktu itu. Penambahan speakerphone dan casing yang lebih cantik pun berhasil mengulang kesuksesan. Cuma emang ga bisa sesukses kakaknya karena udah banyak pesaing.

+: speakerphone, layar 4096 warna


20. Siemens M35

Spoiler for 20:

Ponsel Siemens dulu sempet merajai industri ponsel di Indonesia. Salah satunya yang ini. Masih bisa dibilang canggih untuk ukuran ponsel jaman dulu, dan banyak yang bilang ponsel ini cocok buat orang Indonesia.

+: WAP


19. Sony Ericsson K500/K508

Spoiler for 19:


Waktu itu Sony Ericsson sedang berjaya dengan kameranya. Hape kelas menengah pun dikasih fitur kamera yang canggih pada masa itu. Salah satunya adalah dua ponsel kembar ini yang langsung jadi inceran banyak orang.

+: kamera VGA, GPRS, infrared, MP3 ringtone, Java


18. Nokia 7610

Spoiler for 18:

Kamera ponsel pada waktu itu masih beresolusi rendah. Dan ponsel ini pun membuat gebrakan dengan resolusi 1 megapixel. Sapa coba yang ga pengen punya, apalagi ni ponsel bentuknya unik.

+: OS Symbian, kamera 1MP, Java, bluetooth, movie editor


17. Nokia 3230

Spoiler for 17:

Smartphone digabung multimedia phone digabung fashion phone? Nokia 3230 jawabannya. Ponsel canggih ini punya bentuk yang bias dibilang stylish lah. Fiturnya? Kalo Nokia Symbian ga usah ditanyain lagi. Pasti hebat!

+: kamera 1.3MP, OS Symbian, music player, Bluetooth, EDGE


16. Sony Ericsson W200

Spoiler for 16:

Dahulu, ponsel walkman kesannya cuma buat kelas atas. Tapi, setelah ada ponsel ini, akhirnya masyarakat menengah ke bawah bisa merasakan hebatnya walkman series. Ya meski kualitasnya masih kalah sama walkman kelas atas, tapi udah oke banget buat hape dengan harga segitu.

+: kamera VGA, music player, GPRS, Java


15. Sony Ericsson T610/T630

Spoiler for 15:


Ini salah satu hape bagus yang pernah dikeluarin Sony Ericsson. Hape kamera plus Java pada jaman itu udah okeee banget. Apalagi ditambah desain yang kompak dan trendy (menurut ane), ga heran kalo hape ini banyak yang punya

+: kamera CIF, Java, bluetooth


14. Nokia 3110 Classic

Spoiler for 14:

Klasik itu identik dengan kuno dan ketinggalan jaman. Tapi di Nokia, classic itu artinya padat fitur dan nyaman dipegang. Ini contohnya, 3110 classic yang laris manis di pasaran. Dengan pemadatan fitur di range harga segini, taktik Nokia berhasil!

+: kamera 1.3MP, music player, bluetooth, EDGE


13. Nokia E63

Spoiler for 13:

Demam QWERTY yang melanda Indonesia berhasil dimanfaatkan oleh Nokia. Sebuah smartphone yang canggih dan harga yang menggiurkan pun dikeluarkannya. Dengan fitur khas andalan Nokia, E63 mendapat asupan ramuan yang pas bahkan berlebih untuk hape sekelasnya.

+: kamera 2MP, music player, bluetooth, 3G, Wi-Fi support, document editor, OS Symbian


12. Nokia 1600

Spoiler for 12:

Hape murah Nokia ga pernah murahan! Tengok aja salah satunya, 1600. Hape ini meskipun miskin fitur tapi tetep aja ada fitur yang jadi andalan. Untuk seri ini, andalannya adalah demo mode, yang memungkinkan penggunanya bisa nge-game dan main-main ringtone tanpa perlu pake kartu SIM.

+: demo mode, picture messaging


11. Sony Ericsson K310

Spoiler for 11:

Ponsel sederhana ga selamanya tenggelam di pasaran. Buktinya K310 ini. Secara fitur sih sederhana, tapi ada magnet lain yang membuat banyak orang ngincer hape ini. Mungkin justru kesederhanaannya itulah yang memikat hati banyak orang yang emang ga suka hape yang ribet.

+: kamera VGA, music player, picture editor

10. Sony Ericsson T230

Spoiler for 10:

Ini dia hape yang membuka 10 besar list ane. Hape yang tergolong luar biasa di jamannya ini emang bagus banget. Apalagi, ketersediaan kamera external bisa menambah fungsi hape ini. Secara umum: OK!

+: kamera external, GPRS


9. Nokia 2300

Spoiler for 9:

Kayaknya fitur radio FM emang jadi inceran utama hape kelas bawah. Tengok aja hape ini. Ga punya apa-apa selain radio FM ternyata bukan halangan. Justru radio FM-nya itu bisa memikat banyak orang. Terbukti, hape ini bisa jadi primadona hape low-end di jamannya

+: radio FM


8. Nokia 3650

Spoiler for 8:

Inilah dia ponsel Symbian pertama Nokia. Sebagai pendahulu, tentu masih banyak kekurangan. Salah satunya adalah bentuknya yang besar dan susunan keypad yang ga lazim. Tapi tetep aja tuh, banyak yang penasaran sama ponsel Symbian ini. Apalagi fiturnya tergolong canggih untuk ukuran hape di jamannya.

+: kamera VGA, OS Symbian, MMC slot


7. Siemens C35

Spoiler for 7:

Ponsel Siemens dulu pernah jadi favorit masyarakat Indonesia. Ponsel ini salah satunya. Padahal ga ada apa-apa di dalemnya sih, tapi pada suka hehe. Mungkin karena simple-nya itu kali ya. Maklum, jaman segitu kan hape masih simple banget

+: SMS, kalkulator, stopwatch


6. Siemens C45

Spoiler for 6:

Ga jauh beda sama sebelumnya, tapi menawarkan desain yang lebih kecil. Itulah gambaran umum C45. Banyak banget orang yang pengen nyoba, terutama fitur internet yang saat itu jadi andalannya Siemens. Belum GPRS sih, masih sekedar CSD aja. Tapi, ada WAP ato nggak, kayaknya tetep aja bakal laris, hehe.

+: WAP, organizer


5. Sony Ericsson T100/T105

Spoiler for 5:

Ini salah satu ponsel pertama Sony Ericsson. Mengusung desain tipis, ponsel ini sangat menuai sukses. Liat aja, sampai dibikin 2 seri, T100 dan T105. Dan dua-duanya laris manis. Bisa dibilang ponsel ini tonggak awal kesuksesan Sony Ericsson.

+: EMS, lampu biru, picture editor


4. Nokia 6600

Spoiler for 4:

Ini kelanjutan dari ponsel Symbian. Laris banget ni ponsel. Kalo dari segi fitur sih cuma ada sedikit penambahan dari edisi sebelumnya (7650 dan 3650). Tapi, OS Symbian yang dimilikinya membuat banyak aplikasi bisa ditambahkan ke ponsel ini.

+: kamera VGA, OS Symbian, bluetooth, MMC, layar 65.536 warna


3. Nokia 3660

Spoiler for 3:

Ini adalah penyempurna dari 3650. Mulai dari keypad yang ’wajar’, video yang lebih canggih, dan masih banyak lagi fitur yang disempurnakan dari adiknya. Makanya ponsel ini jadi lebih diminati ketimbang adiknya. Ya iyalah, lebih canggih gitu.

+: kamera VGA, OS Symbian, bluetooth, MMC


2. Nokia 5110

Spoiler for 2:

Ponsel ini dijuluki ponsel ’pisang’ karena bentuknya yang gede banget, hehe. Maklum, ini jaman-jaman orang Indonesia baru kenal hape. Hape ini laris banget kalo dibanding hape sejenis yang keluar pada waktu itu. Padahal fiturnya sama aja. Mungkin karena casing-nya yang warna-warni kali ya.

+: Xpress-on color covers


1. Nokia 3310/3315/3330

Spoiler for 1:


Ini dia ponsel yang menurut TS paling laris sepanjang masa. Ponsel ini datang ketika masyarakat Indonesia mulai kenal hape. Dengan fitur yang pas (dan promosi gede-gedean tentunya), hape ini berhasil memikat hampir seluruh masyarakat Indonesia

+: Xpress-on color cover, mobile chat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar