Jumat, 28 Mei 2010

Cara Pembuatan Kopi Mengkudu

Di era globalisasi ini sudah banyak tersebar orang-orang yang gemar meminum kopi, Di Amerika ada, 107 juta orang (52% dari jumlah populasi) meminum kopi secara rutin setiap hari. 57 juta orang lainnya meminum kopi beberapa kali seminggu. Dan kalau dulu kopi rata-rata digemari orang tua, kini peminum kopi terbanyak ialah orang berusia 18-39 tahun. kebayang bukan???

Disini dibuat terobosan dengan bikin kopi yang gak kalah ENAK, SEDEP dan sedikit AMPAS tentunya SEHAT menggunakan buah MENGKUDU.... MENGKUDU juga banyak khasiatnya antara lain adalah

MENGATUR MOOD
Salah satu kemampuan lain yang dimiliki oleh seopoletin adalah dapat mengikat serotonin. Menurut Dr. Harrison (DC.General Hospital, USA) scopoletin dapat meningkatkan kegiatan kelenjar peneal yang terdapat di dalam otak, yang merupakan tempat dimana serotonin diproduksi dan kemudian digunakan untuk menghasilkan hormonmelatonin. Serotonin adalah salah satu zat penting di dalam butiran darah (trombosit) manusia yang melapisi saluran pencernaan dan otak.

Di dalarn otak, serotonin berperan sebagai neutrotrcrnsmitter, penghantar sinyal saran dan prekursor hormonmelatonin. Sero tonin dan melatonin membantu mengatur beberapa kegiatan tubuh seperti tidur, regulasi suhu badan, suasana hati (mood), masa pubertas dan siklus produksi sel telur, rasa lapar dan perilaku seksual. Kekurangan serotonin dalam tubuh dapat mengakibatkan penyakit migrain, pusing, depresi, bahkan juga penyakit Alzheimer.

ALAT-BAHAN
 Mengkudu yang muda
 Pisau
 Wadah pengeringan
 Sinar matahari/pemanas lain
 Air
 Alu/tempat tumbuk lain
 Wajan tanah liat
 Filter

Cara pembuatannya adalah sebagai berikut:
PERTAMA: Mengkudu yang masih muda dipetik


KEDUA: di cuci kemudian di iris tipis



KETIGA: dijemur sampai kering kira-kira 2-3 hari


KEEMPAT:disangrai di wajan yang terbuat dari tanah liat sampai matang kurang ± 15 menit


KELIMA:Kemudian hasil penyangraian ditumbuk/digiling


KEENAM:Untuk menghasilkan bubuk KOPI MENGKUDU yang baik, hasil dari tumbukan dikayak(disaring) terlebih dahulu


KETUJUH: Bubuk KOPI MENGKUDU siap DIMINUM

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar