Minggu, 30 Mei 2010

Jenis-Jenis Pedang di Dunia

Spoiler for Saber:



Saber resmi Angkatan Laut Perancis
Saber atau sabre (tetap dibaca saber) adalah pedang bermata satu melengkung yang berasal dari Eropa yang memiliki pelindung tangan yang besar.
Kata saber berasal dari kata Hongaria szablya ("alat untuk memotong"). Asal-usul saber kurang jelas, mungkin diturunkan dari falchion dan shamshir yang digunakan di zaman pertengahan oleh kavaleri Asia tengah seperti Turki, Tatar, dan Mongol. Saber pertama kali muncul di abad ke-10 dengan kedatangan orang-orang Magyar.
Pada awalnya saber digunakan sebagai senjata kavaleri, menggantikan pedang lurus. Awal saber digunakan secara besar-besaran pada awal abad ke-19, terutama pada Perang Napoleon, Napoleon menggunakannya untuk serangan kavaleri. Sampai saat ini saber masih digunakan sebagai status kepangkatan di dalam ketentaraan. Sampai saat ini jika kita melihat defile prajurit Keraton Yogyakarta kita akan melihat ada prajurit yang mengenakan senjata jenis ini, meski zaman dahulu di Jawa sudah dikenal pedang sabet yang mirip dengan senjata ini.

Spoiler for Lightsaber:


Lightsaber (atau lightsabre) adalah senjata fiksi dalam dunia Star Wars, terutama digunakan oleh Jedi dan Sith. Bentuknya seperti tabung kecil sepanjang kurang lebih 30 sentimeter dengan sebuah tombol. Bila tombol ini ditekan maka senjata ini akan mengeluarkan energi berbentuk cahaya sepanjang 1 meter.
Dalam trilogi asli, warna-warna lightsaber adalah biru, hijau dan merah. Dalam trilogi prequel ditemukan juga warna-warna seperti kuning, ungu, oranye, turquoise, merah muda, bronze, viridian, perak dan emas. Tidak diketahui berapa jenis warna yang ada seluruhnya.
Lightsaber juga bisa digunakan untuk memantulkan beam, laser dan serangan-serangan partikel. Lightsaber pertama kali digunakan di Star Wars Episode IV: A New Hope oleh Obi-Wan Kenobi. Pembuatan lightsabers dibuat dengan mengkombinasikan kristal penyusun dan kekuatan master Jedi. Selain lightsabers, substansi yang bisa memantulkan beam adalah cortosis. Pembawa lightsaber haruslah orang yang sangat percaya diri dan tangguh. Tidak hanya Jedi yang bisa membawanya, beberapa orang seperti Darth Sidious dan lainnya maupun dari kalangan sith bisa membawa senjata ini.
Lightsaber bisa digunakan untuk memotong benda solid milik musuh. Jedi yang terakhir, Luke Skywalker membuat lightsaber ditengah-tengah latihan jedinya.


Spoiler for Excalibur:


Excalibur adalah pedang Raja Arthur, menurut legenda memiliki kekuatan ajaib dan memberinya hak memerintah Inggris. Kadang Excalibur dan Sword in the Stone (bukti keturunan Arthur) dianggap sebagai senjata yang sama, namun dalam banyak versi keduanya dianggap berbeda. Dalam bahasa Wales pedang ini bernama Caledfwlch.
Nama Excalibur berasal dari bahasa Perancis kuno Excalibor, yang berasal dari bahasa Latin Caliburnus. Dalam legenda Arthur, ada dua cerita mengenai asal pedang ini. Yang pertama adalah legenda "Sword in the Stone", pertama muncul dalam puisi Robert de Boron Merlin, di mana Excalibur hanya dapat ditarik dari batu oleh orang yang berhak menjadi raja, yaitu Arthur. Dalam versi kedua, yang muncul dalam Suite du Merlin, Arthur menerima Excalibur dari Lady of the Lake setelah pedang pertamanya rusak dalam pertempuran melawan raja Pellinore.


Spoiler for Katana:


Katana (刀) adalah pedang panjang Jepang (daitō, 大刀), walaupun di Jepang sendiri ini merujuk pada semua jenis pedang. Katana adalah kunyomi (sebutan Jepang) dari bentuk kanji 刀; sedangkan onyomi (sebutan Hanzi) karakter kanji tersebut adalah tō. Ia merujuk kepada pedang satu mata, melengkung yang khusus yang secara tradisi digunakan oleh samurai Jepang.
Katana biasanya dipasangkan dengan wakizashi atau shōtō, bentuknya mirip tapi dibuat lebih pendek, keduanya dipakai aleh anggota kelas ksatria. Kedua senjata dipakai bersama-sama disebut daishō, dan mewakili kekuatan sosial dan kehormatan pribadi samurai. Pedang panjang dipakai untuk pertempuran terbuka, sementara yang lebih pendek dipakai sebagai senjata sampingan (side arm), lebih cocok untuk menikam, pertempuran jarak dekat, dan seppuku (suatu bentuk ritual bunuh diri).
Katana terutama digunakan untuk memotong,dan diutamakan dipakai dengan dua pegangan tangan. Berbeda dengan kebanyakan pedang dari negara manapun, Katana memiliki cara peletakan yang berbeda pada pinggul pemakainya, tidak seperti pedang lain yang menyandang pedang dengan mata pedang mengarah ke bawah, katana justru sebaliknya, mata pedangnya mengarah ke atas, ini dimaksud untuk mempermudah seorang samurai dalam melakukan aktivitasnya, termasuk sumpah darah, cukup dengan menarik sedikit saja gagang pedang dan menggoreskan ibu jari pada mata pedang. Sementara seni praktis penggunaan pedang untuk tujuannya semula telah usang, kenjutsu dan laijutsu beralih menjadi seni beladiri modern.
Pedang Jepang yang asli sekarang ini adalah barang yang langka, walaupun yang benar-benar antik dapat diperoleh dengan harga yang sangat mahal. Katana dan wakizashi modern hanya dibuat oleh sedikit praktisi berlisensi yang masih membuat kerajinan senjata ini sekarang, meskipun katana "Type 98" juga langka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar